EVALUASI KEAMANAN ASET INFORMASI PADA SIM PENERIMAAN MAHASISWA BARU (DAFTAR ULANG)

Penulis

  • Dicky Cahyanto Institut Teknologi Kalimantan
  • Mahiza Imam Ma'arif Institut Teknologi Kalimantan
  • Orlando Millenio Aramsa Putra Institut Teknologi Kalimantan
  • Rizq Helmy Dary Descams Institut Teknologi Kalimantan

Kata Kunci:

Audit, Rekomendasi, SIMPMB

Abstrak

Penerimaan Mahasiswa baru pada perguruan tinggi merupakan proses penting untuk dijalankan dengan baik dan efektif, perlu adanya kontrol utama dan kontrol penunjang untuk dapat menjalakan proses ini dengan efektif. SIM PMB merupakan aplikasi yang berguna untuk membantu proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru dengan menggunakan akun yang telah disediakan oleh pihak perguruan tinggi. Meskipun SIM PMB sudah berjalan dan dilaksanakan, terdapat beberapa kelemahan dan harus melakukan perbaikan dan peningkatan untuk mencapai proses yang efektif. Penemuan kelemahan ini didapatkan dengan melakukan audit pada SIM PMB dengan Obtain Understading dari tim audit dan juga Audit Program. Tim Audit juga memberikan rekomendasi perbaikan dari masalah yang ditemukan sehingga dapat membantu proses pendaftaran ulang mahasiswa baru menjadi lebih efektif dan meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak berkesinambungan dengan sistem yang telah disediakan.

Referensi

M. Muslihudin and A. Larasati, “Perancangan sistem aplikasi penerimaan mahasiswa baru di stmik pringsewu menggunakan php dan mysql,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 3, pp. 32–39, 2017.

R. K. Candra, I. Atastina, and Y. Firdaus, “Audit teknologi informasi menggunakan framework COBIT 5 pada domain DSS (Deliver, Service, and Support)(Studi kasus: IGRACIAS Telkom University),” eProceedings Eng., vol. 2, no. 1, 2015.

K. Devanti, W. G. S. Parwita, and I. K. B. Sandika, “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 pada PT. Bisma Tunas Jaya Sentral,” J. Sist. Inf. dan Komput. Terap. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 65–76, 2019.

I. K. A. G. Wiguna, D. P. D. K. Dewi, and I. G. I. Sudipa, “Implementasi OLAP pada Data Kerja Praktik dan Tugas Akhir Menggunakan Framework Modular Cube JS,” INFORMAL Informatics J., vol. 6, no. 3, pp. 142–153, 2021.

J. M. Jacka and P. J. Keller, Business process mapping: improving customer satisfaction. John Wiley & Sons, 2009.

ISA, “International Standard on Auditing (ISA) 315, ‘Identifying and Assessing the Risks of Material Misstatement through Understanding the Entity and Its Environment’ should be read in conjunction with ISA 200, “Overall Objectives of the Independent Auditor an,” in INTERNATIONAL STANDARD ON AUDITING 315 IDENTIFYING AND ASSESSING THE RISKS OF MATERIAL MISSTATEMENT THROUGH UNDERSTANDING THE ENTITY AND ITS ENVIRONMENT, no. December, 2009, pp. 262–312.

N. L. W. S. R. Ginantra et al., Basis Data: Teori dan Perancangan. Yayasan Kita Menulis, 2020.

I. P. A. Swastika, M. Kom, and I. G. L. A. R. Putra, Audit sistem informasi dan tata kelola teknologi informasi: implementasi dan studi kasus. Penerbit Andi, 2016.

Novianty, “Audit Plan, Audit Program Dan Audit Prosedur Pada Harta, Utang Dan Modal,” J. Akunt. Kaji. Ilm. Akunt., vol. 7, no. 2, pp. 173–189, 2020, doi: 10.30656/jak.v7i2.2204.

D. Fitrianah and Y. G. Sucahyo, “Audit Sistem Informasi/Teknologi Informasi dengan kerangka kerja COBIT untuk evaluasi manajemen teknologi informasi di Universitas XYZ,” J. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 37–46, 2008.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-18 — Diperbaharui pada 2022-01-31

Versi

Cara Mengutip

Cahyanto, D. ., Ma’arif, M. I., Aramsa Putra, O. M. ., & Dary Descams, R. H. . (2022). EVALUASI KEAMANAN ASET INFORMASI PADA SIM PENERIMAAN MAHASISWA BARU (DAFTAR ULANG). Jurnal Krisnadana, 1(2), 54-61. Diambil dari https://ejournal.catuspata.com/index.php/jkdn/article/view/113 (Original work published 18 Februari 2022)