About the Journal

Author Guidelines

Panduan Penulis

  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, spasi tunggal, satu kolom, dan terdiri dari 3000-6000 kata. Penulis harus mengisi profil penulis di web OJS yang berisi Nama Depan, Tengah, dan Belakang penulis (Jika penulis hanya menggunakan satu nama, isi nama depan dan nama belakang dengan nama yang sama), Gender, Awal, Nama Pengguna, Kata Sandi, Afiliasi (Universitas / atau Institusi), Email, Alamat Surat (alamat afiliasi: nama jalan, kota, provinsi dan kode pos), Pernyataan Negara dan Biografi (Jurusan atau Fakultas). 
  2. Naskah tersebut berisi JUDUL, ABSTRAK, PENDAHULUAN, PROSEDUR, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, UCAPAN TERIMA KASIH dan REFERENSI.
    1. JUDUL : Judul menjelaskan secara singkat isi naskah dan menarik minat pembaca akademis. Judul terdiri dari 8-12 kata. Gunakan frase, bukan kalimat.
    2. ABSTRACT : Abstrak adalah ringkasan dari naskah. Berisi tentang tujuan, metode, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan penelitian. Implikasi dan rekomendasi dapat ditambahkan ke dalam abstrak. Abstrak terdiri dari 150-300 kata dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak tidak memuat informasi latar belakang yang panjang dan tidak memiliki pada referensi untuk gambar, tabel, persamaan, dan referensi bibliografi untuk script lainnya. Bahasa abstrak harus pendek dan jelas. Ini adalah ringkasan yang berdiri sendiri dalam sebuah paragraf.
    3. KATA KUNCI : Kata kunci mengandung kata atau frase penting / spesifik terutama pada judul atau abstrak. Namun, kata kunci mungkin berasal dari skrip. Ada 3-5 kata kunci dalam satu skrip.
    4. PENDAHULUAN : Pendahuluan menunjukkan apa yang telah diakui dari studi sebelumnya, mendefinisikan pentingnya studi tersebut, studi literatur, dan menyatakan pernyataan studi. Untuk memahami apa yang telah diakui dari studi sebelumnya, pendahuluan harus membahas jurnal yang relevan (dengan kutipan) dan meringkas pemahaman saat ini dari masalah yang ditemukan.
    5. PROSEDUR : menjelaskan dengan jelas bagaimana penulis melakukan aktivitasnya. Metode ini harus menjelaskan dengan jelas prosedur studi yang dapat direplikasi, menjelaskan secara singkat bagaimana meringkas dan menganalisis data.
    6. HASIL DAN PEMBAHASAN : Hasil secara obyektif menunjukkan penyajian hasil primer tanpa interpretasi menggunakan teks, tabel, dan gambar. Hasil harus dimulai dengan teks, menyajikan temuan utama dan mengacu pada tabel dan gambar. Tabel tidak boleh dalam format gambar dan tangkapan layar serta angka numerik tertentu, perbandingan dan kontras, dan minimal 2 baris atau kolom. Jumlahnya harus jelas (memberikan file asli sebagai file tambahan dalam pengiriman skrip), menyoroti tren, pola, dan hubungan. Hasil akan menunjukkan bagaimana penulis memastikan validitas dan akurasi data. Diskusi menunjukkan bagaimana menulis mengartikan hasil berdasarkan apa yang dia akui dan menjelaskan pemahaman barunya tentang masalah setelah mempertimbangkan hasilnya . Pembahasan harus terkait dengan Pendahuluan sehingga menginformasikan bagaimana studi ini memberikan kontribusi bagi masyarakat dan badan pengetahuan.
    7. KESIMPULAN : Kesimpulan menunjukkan jawaban atau klarifikasi dari pertanyaan studi dan peluang untuk studi selanjutnya.
    8. UCAPAN TERIMA KASIH : Penulis harus mengakui sumber dana yang mendukung studinya dan dapat memberi pengakuan kepada pengulas drafnya.
    9. REFERENSI : rujukan minimal 15 literatur, memuat 50% sumber utama yang relevan dan termutakhirkan (jurnal dan konferensi dalam 5 tahun terakhir). Referensi harus ditulis dalam gaya APA dan menggunakan perangkat lunak pengelola referensi ( Mendeley , Zotero , dll ). Gaya APA yang digunakan untuk kutipan penulis dan referensi dalam teks tersedia di http://www.apastyle.org . tetapi beberapa penyesuaian diperlukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa pedoman singkat sebagai contoh dikemukakan sebagai berikut. Sampel di bawah ini diambil secara acak dari berbagai sumber dan ditujukan hanya sebagai contoh. Mereka tidak dimaksudkan sebagai iklan dan promosi dan sebagai sudut pandang atau preferensi Dewan Editorial. 
  3. Tabel dan gambar pada teks diberi nomor urut menggunakan angka arab (1, 2, 3, dst ) dan ditulis dengan teks yang memuat sumber tabel dan gambar. Untuk tabel, hindari menggunakan garis vertikal. Gambar dan tabel muncul dalam resolusi yang baik dan tidak boleh diambil / dicetak dari tangkapan layar.
  4. Naskah didasarkan pada temuan studi, studi kasus, atau pengembangan ilmu di bidang ekonomi, Ilmu Sosial Humaniora, Ilmu Pendidikan, Kebersihan, Ilmu Teknologi, Budaya,  Pertanian dan kehutanan
  5.  Pengembangan pariwisatalainnya yang berkaitan dengan disiplin desain komunikasi visual. Naskah ditulis dalam gaya bahasa ilmiah dan belum pernah diusulkan untuk dipertimbangkan atau sedang direview atau dipublikasikan di jurnal dan / atau media ilmiah lain.
  6. Penulis mengirimkan naskahnya ke web Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Open Journal System (OJS) link web jurnal kita. Jika ada kendala dalam pengiriman script, silahkan kirimkan screenshot melalui email ke alamat gmail comfirmasi yang kita gunakan .   
  7. Naskah yang tidak memenuhi format jurnal akan dikembalikan ke penulis untuk diformat ulang . Penulis dapat merevisi dan mengirim ulang naskah setelah diperbaiki ke dalam format yang dapat diterima.
  8. Pemeriksaan plagiarisme naskah akan dilakukan dengan kesamaan minimal 25%. Setelah itu, skrip akan ditinjau secara rahasia untuk penulis dan pengulas.
  9. Penulis yang naskahnya perlu direvisi atau ditolak akan menerima pemberitahuan tertulis dan formulir review / analisis / comentary .
  10. Editor berhak mengedit naskah untuk menyesuaikan format jurnal tanpa mengubah arti dan substansi / isinya.
  11. Penulis yang naskahnya dimuat di Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat akan menerima cetakan jurnal dari nomor saat ini. Softcopy dapat diunduh dari situs web Jurnal OJS PkM link web jurnal kita
  12. Isi naskah hanya pendapat penulis. Penulis bertanggung jawab sepenuhnya atas informasi dan opini yang diungkapkan dalam naskah.
  13. Naskah dapat disajikan di media lain untuk tujuan pendidikan.
  14. Tidak ada biaya publikasi.

 

Daftar Periksa Persiapan Pengiriman

Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis diharuskan untuk memeriksa kepatuhan pengiriman mereka dengan semua item berikut, dan pengiriman dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.

  1. Naskah belum diterbitkan.
  2. File dikirim dalam format file dokumen Open Office, Microsoft Word, RTF, atau Word Perfect.
  3. Skema penulisan - Abstrak
  4. Skema penulisan - Pendahuluan
  5. Skema penulisan - Prosedur
  6. Skema Penulisan - Hasil dan Pembahasan
  7. Skema penulisan - Kesimpulan
  8. Skema penulisan - Referensi
  9. Format - Nama penulis seperti pada alamat email 
  10. Format - Panjang: 3000-6000 kata 
  11. Format - Format tabel dan gambar 
  12. Format - Gambar yang jelas dan tidak buram 
  13. Format - Tabel bukan tangkapan layar 
  14. Format - Kutipan di badan naskah sesuai dengan yang ada di referensi 
  15. Format - Referensi terdiri dari semua sumber yang dikutip dalam naskah 
  16. Format - referensi minimal 15 literatur, referensi sumber utama (jurnal, prosiding) minimal 50%. 
  17. Format - Referensi harus kurang dari 10 tahun dan minimal 40%.
  18. Format - daftar pustaka ditulis dengan gaya APA



Publication Ethics

Etika Publikasi

Praktik Inti Publikasi

Kami sangat berusaha menata dan menaati etika publikasi dan pernyataan malpraktek publikasi oleh Committee on Publication Ethics (COPE). Oleh karena itu, kesesuaian dengan standar perilaku etis diharapkan dari semua pihak yang terlibat: penulis, editor, pengulas, dan penerbit. Informasi terperinci tentang COPE dan Praktik Inti Publikasi, silakan kunjungi Praktik Inti Publikasi. 

Tugas penulis

Penulis harus menyajikan diskusi objektif tentang pentingnya pekerjaan penelitian mereka serta detail dan referensi yang memadai untuk memungkinkan orang lain mereplikasi pekerjaan tersebut. Penulis juga harus memastikan bahwa karya mereka sepenuhnya orisinal, dan oleh karena itu di mana pun dan kapan pun karya dan / atau kata-kata orang lain digunakan, semua contoh harus diakui dengan tepat. Mengirimkan manuskrip yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Penulis tidak boleh mengirimkan artikel yang mendeskripsikan penelitian yang pada dasarnya sama ke lebih dari satu jurnal. Penulis terkait harus memastikan bahwa ada konsensus penuh dari semua penulis bersama dalam menyetujui versi final makalah dan penyerahannya untuk publikasi. Penulis harus bertanya kepada pemegang hak cipta asli (biasanya penerbit atau penulis asli), apakah materi ini dapat digunakan kembali atau tidak.

Plagiarisme, pernyataan curang atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku tidak etis tidak dapat diterima.


Tugas editor

Editor mengevaluasi manuskrip secara eksklusif berdasarkan prestasi akademis mereka. Editor tidak boleh menggunakan informasi yang tidak dipublikasikan dalam penelitian editor sendiri tanpa izin tertulis dari penulis. Setiap kali keluhan etika diajukan tentang naskah yang dikirimkan atau makalah yang diterbitkan, editor harus mengambil tindakan yang wajar untuk memastikan bahwa kepatuhan yang tepat terhadap standar etika dipulihkan. Informasi dan ide yang dikirimkan harus dirahasiakan dan tidak dapat digunakan untuk keuntungan atau keuntungan pribadi. Editor harus lulus penerimaan akhir hanya setelah berdiskusi dengan pengelola dan editor bersama serta pengulas berdasarkan kepatuhan, keaslian, dan kualitas artikel. Merupakan tugas editor untuk mengoreksi artikel jika permintaan datang dari penulis. Jika perlu, tindakan lain yang sesuai harus diambil pada saat pemrosesan artikel. Editor harus menangani dan mengambil langkah-langkah yang memadai tentang keluhan etis terhadap data dan / atau metodologi yang dipublikasikan. Komunikasi lebih lanjut harus dilakukan kepada penulis terkait.

Editor harus mengevaluasi naskah pada awalnya tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, kewarganegaraan dll.


Tugas peninjau

Semua naskah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Informasi istimewa atau ide yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Setiap pengulas yang ditunjuk yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah manuskrip, atau mengetahui bahwa tinjauan segera tidak mungkin dilakukan, harus memberi tahu editor dan mundur dari proses tinjauan. Peninjau tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari hubungan atau koneksi kompetitif, kolaboratif, atau lainnya dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terkait dengan makalah tersebut.

Review harus dilakukan secara obyektif, dan observasi harus dirumuskan secara jelas dengan argumen yang mendukung sehingga penulis dapat menggunakannya untuk memperbaiki makalah.

 

Pedoman Naskah Pengiriman Online

Teks manuskrip harus diserahkan oleh salah satu dari dua sistem (prosedur kedua lebih disukai):

  1. Pengiriman dokumen harus dilakukan dengan Online Submission System di Jurnal PkM Pengabdian kepada website Masyarakat OJS link web jurnal 
  2. Pertama, penulis harus mendaftar sebagai penulis atau reviewer (memeriksa peran sebagai penulis atau reviewer) di “Register” atau link web jurnal  
  3. Setelah registrasi selesai, login sebagai penulis, klik "New Submission". Tahap pengiriman artikel terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) Mulai, (2) Upload Submission, (3) Enter Metadata, (4) Upload File Tambahan, (5) Konfirmasi.
  4. Di kolom "Mulai", pilih Bagian Jurnal (Artikel Lengkap), centang semua daftar periksa.
  5. Pada kolom “Upload Submission”, upload file manuskrip dengan format MSWord di kolom ini.
  6. Pada kolom “Enter Metadata” isikan semua data penulis dan afiliasinya. Berikut Judul Jurnal, Abstrak, dan Kata Kunci Pengindeksan.
  7. Pada kolom “Upload Supplementary Files”, diperbolehkan untuk mengupload file data tambahan atau surat pernyataan atau lainnya.
  8. Pada kolom “Konfirmasi”, jika semua data yang Anda masukkan benar, maka klik “Selesai Pengiriman”.
  9. Apabila Penulis mengalami kesulitan dalam proses pengajuan melalui sistem online, silahkan menghubungi tim Editorial Jurnal Social humaniora di alamat email comfirmasi

 

Penulis Naskah: Penyerahan ke Produksi

Untuk mempertahankan publikasi berkualitas tinggi, semua kiriman menjalani proses peninjauan yang ketat. Naskah yang dinilai berpotensi menarik bagi pembaca kami dikirim untuk tinjauan formal, biasanya kepada dua pengulas, tetapi terkadang lebih jika diperlukan nasihat khusus (misalnya tentang statistik atau teknik tertentu). Editor kemudian mengambil keputusan berdasarkan saran reviewer, dari beberapa kemungkinan: (1) Menerima, dengan atau tanpa revisi editorial; (2) Mengundang para penulis untuk merevisi naskah mereka untuk membahas masalah khusus sebelum keputusan akhir dicapai; (3) Tolak, tetapi tunjukkan kepada penulis bahwa pekerjaan lebih lanjut mungkin membenarkan pengiriman ulang, dan; (4) Tolak langsung, biasanya atas dasar minat spesialis, kurangnya kebaruan, kemajuan konseptual yang tidak memadai atau masalah teknis dan / atau interpretasi utama.

Penulis akan menerima informasi untuk mengirimkan salinan akhir dari naskah mereka setelah diterima dari Editor. Setelah artikel diselesaikan untuk produksi cetak, penulis terkait akan menerima email dari Editor.

Setelah jurnal dipublikasikan, penulis dapat mendownload PDF offprint dari artikel tersebut secara gratis melalui situs jurnal. Informasi tentang syarat dan ketentuan mengenai penggunaan PDF artikel akhir untuk penulis yang sesuai dan / atau rekan penulis tersedia di situs.

 

Pernyataan Konflik Kepentingan

Semua manuskrip artikel asli, editorial, komentar, dan erratum yang dipublikasikan di Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat disertai dengan pernyataan pengungkapan konflik kepentingan atau pernyataan penulis bahwa mereka tidak memiliki konflik kepentingan untuk dilaporkan.

Ini termasuk:

  1. Semua kepentingan dan hubungan finansial dan non-finansial;
  2. Pekerjaan langsung dengan entitas sektor swasta (baik penuh atau paruh waktu), dan layanan di Dewan sektor swasta dan nirlaba dan panel penasihat, baik dibayar atau tidak, dan;
  3. Semua penulis telah berpartisipasi dalam (a) konsepsi dan desain, atau analisis dan interpretasi data; (b) menyusun artikel atau merevisinya secara kritis untuk konten intelektual yang penting; dan (c) persetujuan versi final.

Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat hanya akan menerbitkan artikel setelah penulis mengonfirmasi bahwa mereka telah mengungkapkan semua potensi konflik kepentingan.

 

 

Koreksi

Dalam kasus kesalahan serius yang mempengaruhi artikel secara material (tetapi tidak sepenuhnya membatalkan hasilnya) atau secara signifikan mengganggu pemahaman pembaca atau evaluasi artikel, Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat akan menerbitkan catatan koreksi yang ditautkan ke publikasi. artikel. Artikel yang diterbitkan tidak akan diubah.

 

 

Pencabutan (Pernyataan Kepedulian)

Jika Jurnal menerima keluhan bahwa setiap kontribusi pada Jurnal melanggar hak cipta atau hak kekayaan intelektual lainnya atau mengandung ketidakakuratan materi, materi yang memfitnah atau materi yang melanggar hukum, Jurnal akan menyelidiki keluhan tersebut. Investigasi dapat mencakup permintaan agar pihak yang terlibat mendukung klaim mereka.

Sesuai dengan "Pedoman Pencabutan" oleh Committee on Publication Ethics (COPE), Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat akan mencabut artikel yang telah diterbitkan jika:

  1. ada bukti yang jelas bahwa temuan tersebut tidak dapat diandalkan, baik sebagai akibat dari kesalahan (misalnya fabrikasi data) atau kesalahan jujur ??(misalnya salah perhitungan);
  2. temuan sebelumnya telah dipublikasikan di tempat lain tanpa referensi silang, izin atau justifikasi yang tepat (yaitu kasus publikasi yang berlebihan);
  3. itu merupakan plagiarisme;
  4. itu melaporkan penelitian yang tidak etis, dan;
  5. Artikel ditarik kembali dengan menerbitkan pemberitahuan pencabutan yang ditautkan ke atau menggantikan artikel yang dicabut.

Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat akan melakukan segala upaya untuk mengidentifikasi artikel yang ditarik dengan jelas. Jika investigasi sedang berlangsung yang dapat mengakibatkan pencabutan artikel Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat dapat memilih untuk mengingatkan pembaca dengan menerbitkan ekspresi keprihatinan.

 

 

 

 

Biaya Pengiriman Artikel

Kami membuka kesempatan bagi penulis di seluruh dunia untuk mengirimkan artikelnya di Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat . Kami sangat bangga menyatakan bahwa penulis TIDAK DIBIAYA pada saat mengirimkan artikelnya ke Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat .   

 

Biaya Pemrosesan Artikel (APC)

Kami berkomitmen penuh untuk memajukan sains di lembaga penelitian kami dan juga di dunia; dan untuk itu, KAMI TIDAK MENGUNGKAPI PENULIS baik dari tahap pengajuan hingga artikelnya dimuat di Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat . Kami berharap dengan penulis, dan juga pembaca (s) untuk semua kebaikan dari upaya yang telah kami lakukan.  

Menerbitkan artikel di Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat sepenuhnya GRATIS  

 

 

Kumpulan Data Riset

Kami sangat menganjurkan para penulis yang mengirimkan naskahnya ke Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat untuk menyerahkan data penelitiannya secara terbuka. Beberapa platform sekarang populer digunakan untuk menyimpan kumpulan data penelitian untuk mengurangi pemalsuan / fabrikasi tindakan data.

 

Melawan Plagiarisme

Plagiarisme adalah menampilkan kata-kata atau gagasan orang lain sebagai milik Anda sendiri tanpa pengakuan yang tepat kepada sumbernya. Saat Anda mengerjakan makalah penelitian, Anda mungkin akan menemukan bahan pendukung untuk makalah Anda dari karya orang lain. Tidak apa-apa mengutip orang dan menggunakan ide mereka, tetapi Anda harus memberi kredit dengan benar. Meskipun Anda meringkas atau memparafrasekan informasi yang ditemukan di buku, artikel, atau halaman Web, Anda harus mengakui penulis aslinya (Sumber: http://library.ucsc.edu/help/research/what-is-plagiarism) . 

Menjunjung tinggi kejujuran dan integritas akademik serta sebagai cara untuk menginformasikan kepada pembaca bahwa bagian tertentu dari tulisan kami bebas dari tindakan plagiarisme, maka dalam menerbitkan artikel melalui pemeriksaan anti plagiarisme. Jurnal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat menggunakan Plagiarisme Checker X .  

 

Mesin melakukan pemeriksaan waktu nyata terhadap indeks web waktu nyata untuk memastikan editor, dan / atau peninjau menerima hasil kesamaan yang paling akurat. Jika ditemukan adanya unsur plagiarisme dalam naskah tersebut, maka artikel tersebut akan ditolak.