Pelatihan Pembuatan Ecobrick di Sendangmulyo Kecamatan Tembalang Sebagai Alternatif Penanganan Limbah Plastik

Penulis

  • Agustien Zulaidah Universitas Pandanaran
  • Ricka Prasdiantika Universitas Pandanaran
  • Puji Basuki Universitas Pandanaran

Kata Kunci:

Ecobrick, Plastik, Sampah

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk yaitu memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat RT 05 RW 01 Kelurahan Sendangmulyo stentang bahaya limbah plastik terhadap kesehatan lingkungan, memberikan informasi kepada masyarakat tentang cara pemilahan sampah, memberikan pengetahuan tentang pengolahan limbah plastik dengan metode Ecobricks, memberikan pelatihan cara pembuatan Ecobrick dan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat untuk meminimalisir penggunaan plastik. Metode kegiatan yang diterapkan adalah dengan pendekatan langsung ke warga, yang dimulai dari survey lapangan, pembuatan proposal kegiatan, mengumpulkan warga untuk diberikan sosialisasi dan sekaligus praktek pembuatan Ecobrick dan diakhiri dengan kegiatan pemantauan hasil kegiatan serta pembuatan laporan kegiatan. Hasil dari kegiatan ini adalah produk Ecobrick yang sudah dibuat oleh Ibu-Ibu peserta sosialisasi dan pelatihan ini. Pemantauan dari hasil kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan ecobrick ini adalah dengan cara mengumpulkan produk hasil ecobrick yang sudah dibuat oleh peserta dan membantu mendonasikan kepada DLH Kota Semarang untuk digunakan sebagai bahan pembuatan Taman Ecobrick Kota Semarang. Implikasi dari kegiatan pengabdian ini adalah warga RT 05 RW 01 Kelurahan Sendangmulyo lebih bijaksana dalam penggunaan plastik, memilah sampah plastik dan membuatnya menjadi Ecobrick.

Referensi

Ajahari. 2017. Islam dan Lingkungan Hidup. Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur;an (LPTQ). Penerbit Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Azizah, U. 2009. Polimer Berdasarkan Sifat Thermalnya. URL: https://www.Chem-is-Try.Org. [Diakses pada tanggal 5 Januari 2022 pukul 12.00 WIB].

Hafrida, L., Alfani, H. M. 2020. Pengaruh Pembuatan Ecobrick terhadap Tingkat Kepedulian Lingkungan pada STIE TN Dumai. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1 (2), pp.127-132.

Jambeck, J.R., Andrady, A., Geyer, R., Narayan, R., Perryman, M., Siegler, T., Wilcox, C., Lavender Law, K. 2015 Plastic Waste Inputs From Land Into the Ocean. Science, 347, pp. 768-771.

Tim Marimas. 2019. Ayo Membuat Ecobrick. URL: https://marimasecobricks.com, Diakses pada tanggal 10 Januari 2022 pukul 15.00 WIB.

Widiyatmoko, H., Purwaningrum, P. and Putri Arum P, F. 2016. Analisis Karakteristik Sampah Plastik di Permukiman Kecamatan Tebet dan Alternatif Pengolahannya. Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology, 7(1), p. 24.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-28

Cara Mengutip

Zulaidah, A., Prasdiantika, R., & Basuki, P. (2022). Pelatihan Pembuatan Ecobrick di Sendangmulyo Kecamatan Tembalang Sebagai Alternatif Penanganan Limbah Plastik. Journal of Social Work and Empowerment, 1(3), 31-38. Diambil dari https://ejournal.catuspata.com/index.php/joswae/article/view/153